Skip to main content

Mau Beli ANTM ? Tunggu di Key Level Ini

ANTM Dekati Support 940

Saham ANTM meneruskan trend menurun jangka menengahnya hingga perdagangan hari ini ditutup (1/10/2019). Sebelumnya, pergerakan ANTM mampu menembus level 1150 per lembar saham yang beberapa hari kemudian kita ketahui merupakan false breakout dari pola candle yang berkembang (lingkaran merah). Terbukti, trend turun berbalik menerpa ANTM setelahnya.


Garis Biru : 20 Days Exponential Moving Average 
Garis Merah : 50 Days Exponential Moving Average 



Turun dari harga tertingginya dalam 5 tahun terakhir hingga penutupan hari ini di harga 955, bukan jaminan koreksi ANTM sudah berakhir. Pasalnya, psychological level ANTM atau support terdekat ialah di level 940 (garis biru). Level tersebut merupakan weekly support ANTM, yang Sobat Traders dapat perhatikan pada weekly chart ANTM di bawah :



Garis Biru Tipis: 20 Weeks Exponential Moving Average 
Garis Merah Tipis : 50 Weeks Exponential Moving Average 

Dibawah psychological level 940, kita juga dapat menarik weekly support berikutnya, yaitu level 625 (garis merah). Untuk opportunity trading beberapa hari ke depan, Sobat Traders dapat memfokuskan perhatian pada level terdekat dahulu di 940, karena support berikutnya cukup jauh.

Trading Ideas

Besarnya bearish candle pada koreksi ANTM kali ini menunjukkan masih besarnya tekanan jual. Moving averages jangka menengah (EMA-20 & 50) juga masih menunjuk ke bawah (↘) yang mengindikasikan momentum downtrend jangka pendek.  Belum ada lampu hijau untuk membeli. Dalam beberapa hari ke depan yang dapat Sobat Traders lakukan masih wait and see, melihat bagaimana respon ANTM mendekati support 940. Berikut beberapa skenario menurut temantradingceria yang dapat menjadi titik balik kembalinya ANTM menjadi uptrend di key level tersebut:

  • Terbentuknya bullish engulfing pattern, berupa candle bullish yang ukurannya dapat mengcover keseluruhan body candle sebelumnya. Secara ideal, harga open candle bullish ini sama atau lebih rendah dari harga open candle sebelumnya (jika candle sebelumnya bullish) atau harga close (jika candle sebelumnya bearish), dan harga close diatas harga close candle sebelumnya (jika candle sebelumnya bullish) atau harga open (jika candle sebelumnya bearish). Praktisnya, pola yang terbentuk akan mirip seperti false breakout pada saat ANTM menembus level 1150 (lingkaran merah gambar 1), hanya yang kali ini kita nantikan adalah kebalikannya.

"Jika skenario ini yang terjadi, Sobat Traders dapat membeli saham ANTM pada harga open satu hari setelah bullish engulfing pattern diatas terbentuk. Letakkan cutloss dibawah harga low dari engulfing candle sebelumnya. Set target profit sebelum resisten 1150."

  • False breakout level 940 dengan terbentuknya bullish pinbar. Bullish pinbar merupakan bentuk candle, dimana tail dari sebuah candle jauh lebih panjang dari body candlenya, yang menunjukkan pergerakan saham intraday yang turun jauh dari harga open akan tetapi pada saat penutupan atau harga close, kembali ke sekitar harga open. Terbentuknya pola ini menunjukkan minat beli pada suatu saham, apabila sudah menyentuh harga tertentu. Perhatikan ilustrasi pada lingkaran biru chart ANTM di bawah 



"Jika skenario ini yang terjadi, Sobat Traders dapat membeli saham ANTM pada harga open satu hari setelah bullish pinbar diatas terbentuk. Letakkan cutloss dibawah harga low dari tail bullish pinbarSet target profit sebelum resisten 1150."

  • Terjadi konsolidasi selama beberapa hari yang dengan ukuran candle yang relatif lebih kecil, disusul dengan terbentuknya candle bullish yang lebih besar. Pola ini akan mirip dengan pola bullish engulfing pattern di skenario pertama. Yang menjadi pembeda ialah lamanya durasi konsolidasi sebelum terbentuknya buy signal, berupa bullish candle tadi. Kira-kira seperti dibawah ilustrasinya...




"Jika skenario ini yang terjadi, Sobat Traders dapat membeli saham ANTM pada harga open satu hari setelah big bullish candle diatas terbentuk. Letakkan cutloss dibawah harga low dari big bullish candle sebelumnya. Set target profit sebelum resisten 1150."


Demikian tiga skenario dari temantradingceria untuk Sobat Traders yang tengah mencari buy opportunity saham ANTM.  Key level 940 merupakan level penting yang kemungkinan besar akan disentuh ANTM dalam beberapa hari ke depan. Memperhatikan price action yang akan terbentuk pada level tersebut dapat meningkatkan kesempatan meraih profit dari saham ini. Fluktuasi yang cukup tajam pada level-level tertentu juga dapat menjadi acuan Sobat Traders untuk mengunci profit, sebelum terjadinya trend reversal kembali.

Dan jangan lupa juga put your stop loss, stay safe dan tetap trading dengan ceria 🤞.

Comments