Skip to main content

Pattern "Head and Sholders" pada saham ISAT, saatnya jual ???

Saham PT Indosat Tbk (ISAT) masih terus mengalami pelemahan yang dimulai sejak awal September lalu. Hal yang patut Sobat Traders cermati dalam beberapa trading days kemarin ialah respon ISAT saat mendekati key levelnya di harga 3070.  Berikut ini chart ISAT dalam 18 bulan ke belakang..



Garis Biru : 20 Days Exponential Moving Average 
Garis Merah : 50 Days Exponential Moving Average 

Pada chart 1.5 tahun di atas key level 3070 dua kali ditest sebagai support di bulan Mei dan Juli 2018 (lingkaran merah). Support tersebut akhirnya mengalami breakdown pada September 2018 dan berbalik menjadi resisten. Setelah menjebol support di 3070 ISAT mengalami fase downtrend kuat hingga menemui bottomnya di harga 1700an pada awal Januari tahun ini (Penurunan 45% dalam waktu 4 bulan !).

Bullish sentiment menghampiri ISAT, juga dalam waktu yang cukup cepat, setelah mengetes level 1700an. ISAT dapat melakukan breakout level 3070 yang meyakinkan dengan volume perdagangan yang tinggi di awal Februari 2019. 

Hanya 1 bulan saja ISAT dapat bertahan diatas level 3070, di awal Maret tahun ini key level tersebut kembali mengalami breakdown. ISAT mencapai titik tertingginya pada harga 3140 sebelum kembali berbalik arah. Tidak tanggung-tanggung, saham ISAT juga mengalami penurunan cepat dan kembali menguji level terendah dalam beberapa tahun di harga1700an. Semua terjadi dalam dua bulan (Maret-Mei 2019).


Usai menguji harga 1700an, sama halnya dengan yang terjadi pada Januari kemarin, ISAT kembali mengalami fase uptrend sehat dan mampu breakout di level 3070 dengan volume besar (cek trading day 25-29 Juli 2019, sobat traders). Uptrend tersebut, sama halnya dengan yang terjadi di awal tahun, mencapai harga tertinggi di level 3140. Sobat Traders, hal tersebutlah yang membuat level 3140 ini sebagai resisten cukup kuat yang membatasi pergerakan saham  ISAT (garis biru).

Pergerakan ISAT di bulan September ini menunjukkan pola downtrend, dengan terbentuknya lower highs serta lower lows yang konsisten menuju kembali ke support 3070. Support tersebut juga jebol pada hari perdagangan 24 September kemarin dan berpotensi kembali menjadi resisten.

Conclusion

Sobat Traders..
Berikut ini beberapa poin dari pengamatan temantradingceria untuk emiten ISAT yang membuatnya masuk kategori SELL :

1. ISAT baru saja menguji level resisten 3140 pada Agustus dan September kemarin. Dari pergerakan harga mau pun pola candle, terlihat ISAT belum cukup kuat untuk menembus resisten tersebut dan cenderung malah berbalik trendnya. History ISAT setelah menguji 3140 pada Februari 2019 juga menunjukkan ISAT mengalami pembalikan uptrend menjadi downtrend dalam jangka waktu yang cepat (garis merah pada screenshoot chart kedua).

2. Dapat Sobat Traders perhatikan juga pada 2 screenshoot di atas, terbentuk chart pattern Head and Shoulders yang cukup jelas (L = Left Shoulder, H = Head, R = Right Shoulder) saat menyentuh resisten di 3140. Pattern tersebut merupakan salah satu bearish reversal sign. Sama halnya dengan uptrend  Januari-Februari 2019 kemarin yang juga berakhir setelah terbentuk pattern Head and Shoulders, serta berbalik dari uptrend menjadi downtrend (garis merah pada screenshoot chart kedua).

3. Moving Average 20 & 50 menunjuk ke bawah, yang menunjukkan trend jangka pendek maupun menengah masih pada fase downtrend.

4. Price action mendekati level support 3070 tidak menunjukkan perlawanan berarti dari sisi buyers.
Terbukti level tersebut jebol dengan cukup cepat dengan candle bearish yang cukup panjang (perhatikan trading days 19-24 September).

Selama belum adanya perubahan struktur market maupun perubahan arah moving average, kategori "SELL" menurut temantradingceria masih melekat pada saham ini. Terlebih untuk Sobat Traders yang sedang memegang saham ini, dapat segera melakukan cutloss setelah level support 3070 mengalami breakdown untuk mengantisipasi pergerakan harga yang berpotensi terus menurun menurut analisa yang telah kita susun di atas.

Akan tetapi market merupakan ekosistem yang sulit kita prediksi dan sewaktu-waktu dapat berubah arahnya. Oleh karena itu label disclaimer : on selalu diaktifkan di setiap artikel analisa blog ini, dan keputusan trading tetap berada di tangan masing-masing Sobat Traders 😀.

Sekian pembahasan untuk saham ISAT. Tetap trading dengan ceria ðŸ¤ž.

Comments